Dianaira

Petrichor

Taylor dan Reputasinya

 

taylor_swift_reputation_deluxe_edition_by_mycierobert-dbl48xs.jpg

Laiknya cinta pertama, Taylor Swift adalah first crush saya. Taylor is  the one and only female singer that I follow from senior high school until now. Comeback-nya setelah tiga tahun tak merilis album studio, merupakan angin segar buat saya. Reputation is beyond my expectation! To be honest saya ngga terlalu suka dengan single pertamanya di album Reputation yang berjudul Look What You Made Me Do. LMYMM adalah lagu Tay Tay yang paling ngga banget, arah musiknya ngga jelas, liriknya sarkas, dan ini bukan jenis musik Taylor banget. Seketika saya rindu dengan Tay Tay yang dulu dengan alunan musik yang simple dan khas. Tapi tunggu dulu, setelah menonton dan sedikit menganalisis music video nya saya beranggapan she’s really genius! Dia pintar dalam hal memanfaatkan situasi. People said that she’s a snake, she admitted it.

Istilahnya terserah lo mau ngatain gue apa yang penting gue makin kaya!

She was mocking herself in adorable way. Dalam video musiknya Tay memiliki banyak kloningan dirinya sendiri, yang mana yang asli? Barangkali adalah dirinya yang sekarang. Well, Semenjak album pop nya yang pertama rilis di tahun 2014 dengan tajuk 1989. Tay Tay seakan sangat memikirkan packaging dari setiap single nya. Shake it off, Blank Space, Bad Blood, Look What You Made Me Do dan single ke dua dari album terbarunya … Ready for It? Dipersiapkan dengan konsep yang luar biasa dan ngga main-main walau tetap kalau dibandingkan dengan kualitas musik sih saya lebih prefer sama album Tay yang pertama sampai RED.

Selain konsep, secara marketing pun Taylor bisa dianggap jenius.Taylor sempat menghapus semua foto di akun Instagramnya , kemudian munculah postingan ular yang mendesis  di semua akun sosmednya, bahkan saya sempat beranggapan kalau akunnya di-hack. Tay berhasil membuat fans dan haters nya penasaran. Her looks juga menarik, dengan rambut keriting sebahu ditambah dengan poni yang acak-acakkan. Tay berhasil membuat gebrakan, melepas citra American Sweetheart dalam dirinya.  Yah, walaupun usaha melepas image itu sudah dilakukan sejak album 1989. Saya tetap sedih, there’s no American Sweetheart anymore from T.S.

Tapi ternyata Taylor masih punya kejutan untuk fansnya yang rindu akan dirinya yang dulu. Gorgeous hadir dengan The old Taylor vibes. Liriknya sederhana, manis, ngga banyak aransemen yang aneh-aneh. Pokoknya kalau dengar lagu ini jadi ingat akan track ‘You Belong With Me’ versi lebih dewasanya. Ada empat track yang saya rasa memiliki vibes nya Taylor yang dulu yaitu Gorgeous, Call it What You Want, New Year’s Day dan Getaway Car. Tidak seluruhnya rasa Tay yang dulu sih, tapi liriknya. You know, her strenght is on the lyrics.

Tay yang sekarang seakan memiliki dua sisi, lebih agresif dengan sentuhan gaya barunya tapi juga tetap sweet dengan meninggalkan ‘The Old Taylor Vibes’  di empat track yang saya sebutkan di atas. Tapi tetap sih kalau boleh jujur saya rindu Tay Tay yang dulu, full curly hair girl.

Kalau rasa baru Tay yang paling enak untuk didengar adalah End Game ft Ed Sheeran and Future( ini subyektif ya), Meskipun saya masih agak aneh mendengar  Tay nge-Rap tapi musiknya easy listening . Dan Seharusnya saya ngga boleh merasa aneh ya, soalnya ada beberapa track Taylor memang nge-Rap di …Ready For It? End Game itu ada ng Rap-nya.

Bicara soal sindir menyindir (sebenarnya saya ngga terlalu suka dengan sindir-menyindir orang) selain LWYMMD ada track I Did Something Bad sama This is Why We Can’t Have Nice Things. Saya ngga perduli sih Tay nyindir siapa, dari dulu I don’t care about her privacy btw.

Balik lagi soal marketingnya yang jenius. Awalnya saya agak kesulitan soal mendapatkan track-tracknya secara digital. Tepat di tanggal 10 November 2017 albumnya rilis saya cuman bisa gigit jari sambil nungguin live streaming-nya  BBC Radio One. Berhubung album digitalnya hanya rilis di I-tunes dan saya bukan I-phone user pokoknya  mau cari di Spotify, Joox dan lain-lain ngga mungkin dapat . Mau cari di youtube juga semuanya di take down, ya alasannya sih tentang pembajakan. Bersumber dari BBC Radio One itulah saya berhasil mendapat gambaran besar soal isi semua track dari album Reputation: not bad, nice concept, new things, new Taylor, real Taylor?, Old Taylor boleh juga sih. Sampai akhirnya tidak sampai sebulan kemudian  Taylor Swift lewat Insta Story-nya mengumumkan bahwa Reputation bisa didengar di semua musik streaming secara serentak. Yeay!

Taylor berhasil melakukan pembuktian diri lewat karya. Motto hidupnya saat ini barangkali memang ‘Terserah lo mau bilang gue apa, yang penting gue makin kaya!’.  Lo bilang gue ular? Sini gue tunjukkin ular yang sebenarnya( fyi itu ular langsung dijadiin bisnis dari merchandise sampai ke cincin, wkwk). Lo bilang gue fake? Oke gue tunjukkin diri gue sebenarnya. Tay seakan menantang haters nya, berbeda dengan single Shake it Off yang isinya Tay tidak memperdulikan tentang haters because haters gonna hate.

Mau dianggap karya-nya sampah karena hanya  berisi tentang lagu-lagu sindiran dan sarkas istilahnya sih Tay tetap bodo amat, ‘yang penting karya gue laku’.  Saya rasa ini boleh-boleh saja selama Tay menggunakan konsep yang bagus seperti ini.  She’s being sarcasm with graceful.

Disamping itu Taylor sedang berusaha membangun kembali reputasinya yang sempat hancur karena skandal teleponnya yang tersebar oleh Kim Kardashian (lagi-lagi sesungguhnya saya ngga terlalu peduli dengan masalah ini). Kemudian, feeling saya Taylor akan semakin terkenal dan kaya raya berkat reputasinya. Good Luck with your new Reputation queen!

 

 

 

*Intinya tulisan ini menunjukkan bahwa saya memang seorang Swiftie. Malu sih, eh tapi kok malu ya? Bangga dong!

Advertisements

Single Post Navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: